Tips Merawat Batu Mulia Yang Perlu Anda Ketahui

Tren memiliki batu mulia baik seperti batu giok, batu kecubung atau batu mulia lainnya mulai mencuat kembali. Setidaknya beberapa bulan belakangan banyak para kolektor yang berlomba-lomba mencari batu mulia yang paling langka.

Namun hal yang paling susah dari mengkoleksi batu mulia bukan hanya dari susahnya mencari. Akan tetapi susahnya merawat batu yang dimiliki. Bagaimana tidak, harga batu mulia yang bisa seharga mobil atau motor ini jelas harus dirawat.

Jika tidak, sudah dipastikan harga batunya akan turun yang tentu saja membuat kolektor akan merugi. Sesuatu yang bagus namun tidak dirawat dengan baik, maka bisa berkurang
nilainya. Hal tersebut juga berlaku untuk batu mulia. Berikut adalah beberapa tips untuk
merawat batu mulia:

1. Bersihkan batu permata secara teratur.

Sebagaimana setiap barang harus dibersihkan agar tetap dalam keadaan baik. Untuk membersihkan batu permata pergunakan air hangat dan sedikit deterjen. Gosok dengan pelan dan apabila dibutuhkan pergunakan sikat yang halus.

Setelah dicuci, kemudian lap batu permata dengan kain halus untuk menghindari terjadinya goresan. Meski tahan gores, batu permata juga harus diperlakukan dengan halus. Pembersihan ini tidak boleh terlalu sering dilakukan, sebab beberapa permata warnanya bisa pudar jika terlalu sering terkena
zat kimia.

2. Simpan batu permata di kotak yang disediakan khusus.

Jaga tempat penyimpanan tetap bersih, bebas de bu, kering dan tidak lembap. Kelembapan bisa mempengaruhi warna batu mulia. Penyimpanan yang bagus menjadi kunci tetap awetnya kilau dan
warna batu mulia.

3. Hindarkan dari sinar matahari langsung dan perubahan suhu tiba-tiba yang
ekstrem.

Banyak jenis batu permata warnanya memudar sebab terlalu sering dijemur di bawah panas matahari. Untuk itu jauhkanlah batu mulia kesayangan Anda dari paparan sinar matahari secara langsung.

4. Sebaiknya jauhkan dari parfum.

Parfum terdiri dari zat kimia yang terkadang dapat merusak batu mulia. Lebih baik jangan menyemprotkan parfum ke atas batu mulia agar tetap bagus.

5. Jangan digunakan ditempat renang atau spa

Saat berenang dan pergi ke spa, jangan mengenakan batu mulia. Kedua tempat ini banyak mengandung zat kimia yang akan merugikan penampilan batu mulia yang Anda miliki.

6. Hindari beragam zat kimia.

Terkadang ada beberapa orang yang menyarankan untuk membersihkan batu mulia dengan menggunakan zat kimia tertentu.

Jangan lakukan hal tersebut jika tidak direkomendasikan oleh orang yang benar-benar ahli atau pedagang batu mulia. Seringnya kontak dengan bahan kimia, bisa membuat permata memudar warnanya dan tidak berkilau.

7. Jangan gunakan pasta gigi saat membersihkan

Saat membersihkan permata jangan mempergunakan pasta gigi. Pasta gigi juga
mengandung zat kimia yang tidak baik bagi batu mulia.

8. Lakukan kebiasaan baik terhadap batu mulia.

Jangan membentur-benturkannya, lepaskan saat melakukan pekerjaan kasar, dan gunakan hanya saat tertentu saja.

Itulah beberapa tips untuk memilih dan merawat batu mulia. setiap barang tentu akan menjadi berumur panjang jika memilihnya tepat dan dirawat dengan baik.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp