Mengapa Orang Takut Pada Hantu?

Kali ini kita akan membahas bahasan yang terbilang ringan. Yaitu tentang alasan mengapa kita cenderung merasa takut terhadap hantu. Mungkin memang tidak semua dari kita takut pada hantu, tapi sebagian besar tentunya seperti itu.

Kalau kita bandingkan, hantu dan ular itu sama-sama ditakuti. Soal ular jelas, binatang ini bisa jadi memiliki bisa yang mematikan, sehingga lebih baik dihindari. Tapi bagaimana dengan hantu?

Mengapa kita merasa takut terhadap hantu, padahal hantu ini tidak beracun? Tidak berbisa? Dan bahkan seringkali tidak nampak wujudnya di mata awam kita? Ada beberapa alasan yang menjadikan sebagian besar dari kita, takut terhadap hantu.

Alasan pertama, adalah karena hantu memiliki bentuk yang menyeramkan. Ini merupakan alasan yang jelas sekali. Kita punya kecenderungan untuk merasa takut terhadap hal-hal yang nampak menyeramkan.

Jangankan hantu. Dengan orang tua sendiri saja, kalau sedang marah, kita pasti lebih memilih untuk menghindar. Karena merasa takut.

Bukan hanya memiliki wujud yang mengerikan, sejumlah hantu juga memiliki anggota badan yang tidak lengkap. Sehingga semakin membuat kita merinding.

Alasan kedua, sebagian dari kita takut pada hantu karena hantu itu sering muncul secara mendadak. Meskipun sama-sama takut, tapi andaikata hantu mengucapkan permisi dulu sebelum menampakkan diri, mengetuk pintu, mengucapkan salam, pastinya rasa takut kita tidak akan sebesar manakala hantu ini muncul tiba-tiba begitu saja.


Baca Juga :


Alasan ketiga, banyak dari kita merasa takut terhadap hantu, karena hantu bisa bergerak dengan sangat cepat. Bahkan dalam sekejapan mata. Dan bisa menembus tembok pula.

Gerakan-gerakan yang terjadi secara cepat atau abnormal, tentunya akan membuat kita merasa takut. Ini wajar. Jangankan hantu, kalau teman kita sendiri bergerak menghampiri kita dengan sangat cepat dan tiba-tiba, kita juga pasti akan takut. Karena reflex kita menganggap kedatangannya sebagai sebuah ancaman bahaya.

Alasan keempat, banyak yang bilang, bahwa orang takut terhadap hantu, antara lain adalah karena hantu berwujud menyerupai manusia. Menyerupai kita, tetapi dalam versi yang mengerikan, tidak lengkap, atau berdarah-darah.

Andaikata hantu itu berwujud daun pisang atau lampu lalu lintas, mestinya kita tidak akan setakut ini.

Sedangkan alasan kelima, adalah karena secara umum, kita sebagai manusia, akan merasa takut pada hal-hal yang tidak kita ketahui. Hantu adalah sesuatu yang tidak nampak. Tidak kita ketahui wujudnya bagaimana.

Karena tidak nampak pula, kita tidak tahu persis posisi hantu ini ada di sebelah mana. Kita tidak tahu apa yang mereka mau, dan kita juga tidak tahu apa yang dapat mereka lakukan terhadap kita.

Ketidaktahuan ini tentunya membuat kita cemas dan khawatir, karena otomatis kita tidak tahu bagaimana cara menghadapi sesosok hantu.

Kurang lebihnya itulah lima alasan, mengapa banyak dari kita cenderung takut pada hantu atau makhluk halus. Menurut Anda sendiri, bagaimana? Apa yang paling membuat Anda takut pada hantu? Atau barangkali pernah ada pengalaman seputar hantu? Boleh ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp