Mengapa Kita Harus Selalu Bersyukur?

Anda yang mungkin sudah cukup lama mengikuti saya, pastinya sudah berulang kali mendengar saya menekankan tentang syukur. Juga tentang bagaimana agar kita bisa senantiasa bersyukur.

Tetapi sebenarnya, mengapa? Mengapa kita harus selalu bersyukur?

Syukur adalah suatu bentuk keimanan kita, atas pemberian Tuhan, dengan menerima apa yang diberikan-Nya secara ikhlas. Bahkan dalam kondisi yang paling sulit sekalipun, kita tetap perlu bersyukur. Mengapa demikian?

Alasan yang pertama, adalah karena nikmat Tuhan itu tidak terhingga. Meskipun seringkali kita tidak menyadarinya. Tidak semua nikmat itu berupa materi saja. kesehatan pun adalah nikmat juga.

Sedangkan alasan yang kedua, adalah karena sebagai manusia, kita perlu juga melihat ke bawah. Dengan melihat kebawah, kita akan mengetahui bahwa kita jauh lebih beruntung, dibandingkan begitu banyak orang lain di dunia ini.

Sehingga apapun yang saat ini kita miliki, apapun yang saat ini kita nikmati, mari kita syukuri dengan ikhlas.
Alasan ketiga, mengapa kita perlu bersyukur, adalah karena nikmat yang sudah diberikan. Tidak bisa, bila kita hanya berkeluh kesah tentang penderitaan yang datang. Tetapi tidak pernah bersyukur atas nikmat yang telah menjadi milik kita selama ini.

Justru, kurangnya rasa syukur akan menjadikan cacat dalam jiwa kita. Dan seringkali cobaan akan datang, karena kita kurang bersyukur sebagai manusia.

Alasan keempat, mengapa kita perlu bersyukur, adalah karena di balik rasa syukur, ada kelapangan. Ada kemudahan. Ada kelancaran.


Baca Juga :


Ketika kita merasa sedih dan putus asa, syukur adalah obat yang paling utama. Rasa syukur akan melapangkan hati kita, agar kita lebih kuat menjalani hari-hari selanjutnya.

Alasan kelima, kita semestinya bersyukur, karena terhadap orang-orang yang bersyukurlah, Tuhan akan melimpahkan lebih banyak nikmat.

Alasan keenam, kita perlu bersyukur karena rasa syukur itu akan menghindarkan kita dari keserakahan. Namanya manusia, seumur hidup tidak akan pernah berhenti berharap dan berharap.

Karena itulah, untuk menjaga agar kita tidak berubah menjadi orang yang serakah, kita perlu memiliki rasa syukur. Agar kiga lebih menjaga, menyayangi, dan mencintai apa yang sudah kita miliki.

Kemudian yang terakhir, kita perlu memiliki rasa syukur, sebab syukur itu membuat hidup kita lebih bahagia.
Salah satu kunci kebahagiaan hidup, adalah bersyukur. Rasa syukur inilah yang membuat hidup kita terhindar dari rasa iri. Kita tidak perlu pusing memikirkan pendapat orang lain. Tidak perlu membanding-bandingkan hidup kita dengan hidup orang lain.

Bahkan sekalipun dirundung keputusasaan, menghadapi situasi yang berjalan tidak sesuai harapan, kita tetap perlu bersyukur. Sebab syukur itu menjadikan kita lapang. Dan dengan hati yang lapang, hidup akan menjadi tenang dan bahagia.

Anda sendiri? Bagaimana? Sudah bersyukurkah hari ini? Mari kita mulai dari hal yang paling sederhana. Dari nikmat kesehatan yang saat ini masih kita punya.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp