Cara Menjadi Orang Yang Bermanfaat Untuk Orang Lain

Sebagai manusia, kita tentu mendambakan hidup yang bermanfaat. Bukan hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri, tetapi bagi orang lain juga. Nah, itulah yang kali ini akan kita bahas. Yaitu seputar hal-hal sederhana apa saja, yang bisa kita lakukan, agar diri kita, bisa lebih bermanfaat bagi orang lain.

Secara pribadi, saya yakin bahwa segala sesuatu di dunia ini, tercipta untuk peranannya masing-masing. Semua yang diciptakan Tuhan, pasti ada tujuannya. Pasti ada manfaatnya. Pasti ada peranannya. Termasuk kita.

Sehingga untuk menjadi lebih bermanfaat bagi alam semesta, maka yang perlu kita lakukan adalah memahami peranan kita dulu. Apa yang masih dapat kita lakukan, dalam kapasitas kita masing-masing.

Ada beberapa hal sederhana, yang bisa kita lakukan, bila ingin menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain. Tidak perlu sesuatu yang rumit dan ribet, tetapi hal-hal yang masih berkaitan dengan keseharian kita.
Terlebih dulu, awali dengan niat yang baik. Niatkan secara kuat, agar menjadikan kebaikan. Dari niat ini akan muncul kemauan, dan kemauan ini akan mendatangkan tekad untuk menjadi manfaat bagi sesama.

Jika Anda punya harta, berdermalah lewat harta. Bila Anda memiliki ilmu, tebarkanlah pada mereka yang membutuhkannya. Dan bila Anda memiliki tenaga, maka bantulah mereka yang sebaik yang Anda bisa. Syarat pertamanya tetap itu tadi, yaitu niat yang kuat dan ikhlas.

Niat ini, anggaplah sebagai langkah pertama untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat. Adapun langkah keduanya, adalah dengan merawat lingkungan sekitar.


Baca Juga : 


Mulailah dari hal yang paling sederhana, misalnya membersihkan halaman atau pekarangan rumah sendiri. Jika ada panggilan kerja bakti, usahakan jangan mangkir. Ini sudah merupakan suatu kontribusi yang baik bagi lingkungan sekitar Anda.

Kemudian cara ketiga, bantulah teman atau kerabat yang sedang dilanda kesusahan. Tanyakan apa yang sekiranya dapat Anda bantu.

Namanya menolong, tidak selalu dengan materi. Bisa menjadi pendengar yang baik saja sudah cukup, untuk menunjukkan bahwa Anda bisa bermanfaat bagi orang lain. Apalagi di jaman sekarang, jaman ketika ada kalanya kita sulit menemukan orang yang mau mendengarkan.

Cara keempat, biasakanlah untuk membeli di pedagang kecil. Minimarket memang banyak, tetapi tidak ada salahnya Anda memilih untuk berbelanja di pedagang kecil saja.

Dan bila belanja ke pasar tradisional, usahakan jangan menawar. Sekiranya harga masih wajar, lebih baik dibayar saja. Kecuali bila harga yang diminta memang terlalu tinggi dibandingkan kewajaran.

Cara kelima, bila berkesempatan untuk menjadi relawan, maka lakukanlah.

Cara keenam, Anda juga bisa mendonorkan darah. Secara rutin, lewat palang merah setempat. Yang namanya mendonorkan darah itu, tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tetapi bagi diri kita sendiri juga. Sebab donor darah secara rutin akan memicu terbentuknya darah baru di dalam tubuh yang lebih segar dan sehat.

Cara ketujuh, galilah kreatifitas Anda. Agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak, atau menghasilkan solusi dari masalah yang ada di masyarakat.

Dan cara yang terakhir, Anda juga bisa menjadi lebih bermanfaat untuk sesama, dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan. Bahkan, semakin banyak Anda membagi ilmu, akan semakin banyak pula ilmu yang Anda dapatkan.

Kedelapan cara sederhana ini, tentu saja tidak lantas semuanya harus Anda jalankan sekaligus. Cobalah mana dulu yang sekiranya bisa Anda lakukan. Sebisa Anda, semampu kita. Siapa tahu dalam perjalanannya, kita menemukan cara lain untuk menjadi manfaat bagi sesama.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp