Cara Membersihkan Batu Giok

Anda memiliki liontin atau cincinb yang terbuat dari batu mulia giok atau jade? Maka sudah pasti harus rajin membersihkannya. Oleh karena itu bahasan kita kali ini adalah tentang bagaimana cara membersihkan batu giok, baik dalam bentuk cincin atau liontin.

Selain memiliki keindahan dari segi visual, perhiasan batu giok juga dipercaya bisa memberikan kedamaian pada pemakainya dan juga khasiat-khasiat spiritual lain yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa. Jika Anda ingin liontin atau cincin batu giok berharga Anda ini lebih awet hingga waktu yang lebih lama, berikut adalah cara untuk membersihkannya.

Langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan sabun pencuci yang akan digunakan untuk mencuci batu giok. Pilih sabun dengan bahan kimia yang rendah, lalu campur satu baskom air dengan sedikit sabun. Jangan sampai baskom penuh dengan busa, cukup hingga terlihat sedikit gelembung saja. Sabun yang mengandung bahan kimia keras bisa merusak mineral yang ada di batu giok jika digunakan untuk mencuci. Karena terdapatnya bahan kimia keras dalam produk pencuci perhiasan, disarankan untuk Anda tidak mencuci batu giok Anda dengan produk tersebut.

Langkah berikutnya adalah membersihkan batu giok Anda dengan cara mencelupkan kain bersih lembut ke dalam baskom air sabun, lalu usapkan perlahan pada permukaan batu. Jangan digosok karena gesekan yang keras bisa merusak permukaan batu. Serta juga sebaiknya tidak direndam di dalam air sabun. Jika sudah selesai dibersihkan, bilas dengan mencelupkan lap ke air bersih untuk menghilangkan sisa sabun yang masih menempel di batu giok.

Cara selanjutnya adalah dengan menjaga kondisi perhiasan giok.

Perhiasan batu giok, baik berupa cincin atau liontin tidak perlu dibersihkan sering-sering. Bahkan makin sering disentuh, warna hijau giok akan makin kaya dan dalam. Bersihkan giok jika Anda berada di lingkungan yang berminyak, banyak debu, dan partikel kotoran lainnya yang bisa menempel pada perhiasan. Simpan giok di kotak perhiasan khusus dan sebaiknya jangan dicampur dengan perhiasan yang lain. Hal-hal berikut ini sebaiknya dilakukan agar liontin giok Anda tidak mudah rusak:

1. Jangan cuci giok menggunakan mesin cuci!
2. Jangan gunakan pembersih kimiawi pada giok!
3. Jangan gunakan steam cleaner atau pembersih bersuhu tinggi lain karena bisa merusak giok!
4. Lepaskan perhiasan giok ketika Anda mandi dan berenang.

Nah, itulah tadi tips cara membersihkan batu giok. Semoga bermanfaat untuk Anda yang memiliki batu giok.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp