Cara Agar Kita Selalu Bersyukur

Kali ini, kita akan membahas soal syukur. Seringkali saya sampaikan, bahwa salah satu hal sederhana yang membahagiakan kita, yang turut melancarkan rejeki kita, dan memberikan makna dalam hidup kita, adalah rasa syukur kita sendiri.

Tetapi kata syukur ini, meskipun gampang untuk diucapkan, seringkali tidak gampang untuk dilakoni. Rumput tetangga selalu lebih hijau. Selalu kita merasa kurang puas, terhadap apa yang sudah kita miliki. Selalu kita merasa cemas, dan tidak bahagia.

Untuk itulah, saya merasa tidak ada salahnya bila kali ini, kita membahas tentang apa saja cara yang dapat kita lakukan, agar senantiasa bersyukur dalam hidup.

Langsung saja. Yang pertama, mari kita ubah pola pikir kita. Mindset kita. Karena pola pikir ini berdampak besar terhadap kesehatan fisik maupun mental. Misalnya, bulan ini kita mendapatkan rejeki sekian rupiah.

Jangan dilihat seakan angka yang Anda dapatkan itu kecil. Sebaliknya, bersyukurlah karena dengan apa yang Anda dapatkan tersebut, Anda berkesempatan untuk meringankan beban orang tua, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Yang kedua, tulislah hal-hal yang layak kita syukuri setiap hari. Sebab salah satu yang menjadikan kita sulit bersyukur, adalah lupa. Maka tuliskanlah setiap harinya, antara tiga hingga lima hal yang setiap harinya perlu kita syukuri.

Termasuk, bisa tidur nyenyak, menghirup udara segar, masih diberikan kesehatan, dan punya teman yang baik.

Yang ketiga, yakinlah dengan rejeki kita masing-masing. Dengan cara ini, kita bisa menghindari rasa iri terhadap orang lain. Percayalah pada rejeki Anda, dan tetaplah berusaha sebaik mungkin. Ini merupakan cara bersyukur sekaligus menjemput rejeki yang telah tersedia.


Baca Juga :


Yang keempat, jangan terlalu sering berandai-andai. Kita seringkali tidak memiliki kendali atas hal-hal yang kita inginkan dalam hidup. Karena itu, berhentilah membayangkan seandainya Anda punya A, punya B, atau punya C.

Yang kelima, terimalah setiap peristiwa dengan positif. Menerima dengan ikhlas setiap kejadian, entah itu pahit atau bahagia, merupakan bagian dari proses penerimaan, dimana kita akan dapat belajar dari peristiwa tersebut.

Bila ada kalanya kita tidak bisa menerima suatu kejadian, maka kita sendirilah yang akan rugi. Kita akan terus terpaku di titik itu, tidak bisa berpindah, dan tidak bisa melangkah. Malah hanya akan menyalahkan diri sendiri saja.

Yang keenam, kurangi mengeluh. Setiap keluhan hanya akan menjadikan diri kita kerdil. Membuat kita merasa tidak mampu, dan mendatangkan banyak pikiran negative.

Sebaliknya, biasakanlah untuk berterima kasih atas kehidupan ini. Berterima kasihlah kepada Tuhan, berterima kasihlah kepada diri Anda, karena dengan ridho Tuhan dan perjuangan Anda sendirilah, Anda bisa melangkah sejauh ini.

Yang ketujuh, tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain. Memang, melihat kesuksesan orang lain dapat memotivasi diri kita. Tetapi tidak ada gunanya, bila kita terus membandingkan apa yang orang lain miliki, dengan apa yang tidak kita miliki.

Hal semacam ini hanya akan membuat Anda lupa bersyukur. Padahal apa yang dipajang kawan Anda di beranda media sosialnya, itu belum tentu seindah kenyataannya.

Yang kedelapan, bila perlu mulailah melakukan kegiatan sosial. Jadilah relawan. Anda akan berkesempatan untuk bertemu dan membantu banyak orang, bersosialisasi, serta membuka wawasan tentang kehidupan.
Di saat yang sama, cara ini juga akan mengurangi kecenderungan stress, rasa cemas, serta kemarahan dalam diri Anda.

Sedangkan yang terakhir, atau cara kesembilan, sesekali melihatlah ke bawah. Agar kita bisa lebih bersyukur, lebih menerima kehidupan kita. Lihatlah mereka yang tetap bekerja dan berjuang untuk hidup dalam keterbatasan. Masa iya kita masih tidak bersyukur, dengan semua yang kita nikmati saat ini?

Kurang lebih, demikianlah sembilan cara yang dapat kita terapkan, agar bisa senantiasa bersyukur dalam hidup. Harapan saya semoga menjadikan wawasan untuk Anda.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp