Alasan Kenapa Sebuah Hubungan Tidak Direstui Orang Tua

Menjalani hubungan sebuah percintaan memang sangat menyenangkan. Karena hari-harinya ada yang memberikan perhatian dan kasih sayang. Didalam sebuah komitmen sudah pasti ada perasaan senang dan sedih yang dilewati bersama. Salah satu masalah yang sering dihadapi yaitu tidak direstui orang tua karena beberapa faktor yang menjadi alasannya.

Namun, bagaimana jika dalam waktu yang sudah cukup lama menjalin komitmen namun tetap belum mendapatkan restu orang tua? Pastinya Anda akan merasa sedih dan bingung untuk mencari solusinya. Sebenarnya ada banyak alasan kenapa orang tua tidak memberikan restu bahkan sampai melarang keras anaknya menjalin hubungan dengan tersebut.

Mengapa orang tua Tidak Merestui Hubungan?

1. Perbedaan antara marga, suku dan etnis

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah pepatah mengatakan bahwa orang jawa dilarang menikah dengan orang padang dan istilah ini masih saja dipercaya oleh banyak orang. Bahkan ada juga  orang dilarang menikah karena memiliki suku yang sama misalnya di Padang.

Begitupun di Batak, seseorang tidak diperbolehkan menikah dengan marga-marga tertentu. Nah, jika hal ini masih berlaku maka sangat susah jika dalam sebuah hubungan sudah sama-sama saling mencintai.

2. Perbedaan keyakinan

Nampaknya semboyan dari Bhineka Tunggal Ika sama sekali tidak berlaku di dalam hubungan percintaan seseorang. Salah satunya yaitu menikah beda agama, buktinya hingga sampai saat ini masih banyak bertentangan dan menjadi alasan utama orang tua tidak merestui hubungan anaknya yang menjalin hubungan dengan seseorang yang beda agama.

Adanya perbedaan agama dipercaya bisa menyebabkan seseorang memiliki cara pandang dan berpikir yang berbeda. Hal ini nantinya dikhawatirkan akan menyebabkan banyak permasalahan apabila hubungan tersebut tetap dilanjutkan.

3. Belum mapan

Dikatakan belum memiliki kehidupan yang mapan. Dalam hal ini karena dianggap belum siap secara mental dan finansial. Hampir semua orang tua berharap anaknya bisa hidup bahagia setelah menikah.

Belum mapan bisa terlihat karena seseorang tersebut belum memiliki pekerjaan atau masih memiliki sifat kekanak-kanakan. Maka tidak heran jika hubungan Anda dan pasangan tidak direstui orang tua.

Namun tenang saja, Anda tidak perlu cemas karena dalam tahap ini, karena Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri agar lebih baik. Dengan demikian, Anda bisa membuktikan kepada mereka dan mendapat sinyal lampu hijau.

4. Malas beribadah

Agama memang menjadi hal penting dalam sebuah hubungan percintaan. Dalam sebuah keyakinan seseorang juga harus diikuti dengan melakukan ibadah secara rutin. Hampir dari semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya agar dapat hidup bahagia setelah pernikahan.

Itu menjadi alasan utama kenapa restu orang tua  selalu memilih calon menantu yang lebih taat beribadah. Orang tua mempercayai bahwa seseorang yang taat beragama mampu membawa pasangannya ke jalan yang baik.

5. Perbedaan pendidikan

Hampir semua orang tua memilih calon menantu dengan melihat tingkat pendidikannya, terutama bagi mereka yang terlahir dalam keluarga berpendidikan tinggi maka sudah pasti ukuran pendidikan menjadi prioritas dalam sebuah pernikahan.

Latar belakang pendidikan biasanya juga dijadikan sebagai syarat penting bagi calon pasangan agar bisa mendapatkan restu dari orang tua kedua belah pihak. Dengan harapan, bahwa mereka suatu saat nanti bisa memberikan keturunan yang cerdas dan membanggakan keluarga.

Dengan mengetahui beberapa alasan kenapa orang tua tidak merestui hubungan, maka Anda dan pasangan bisa lebih menyiapkan diri menjadi lebih baik,agar nantinya bisa diterima dan mendapat restu orang tua kedua belah pihak.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp